Numpang promo

Welcome To My Place......

Selamat datang di blogku

Sabtu, 18 Juni 2011

Tentang Sholat Malam


Ada banyak ayat Alquranul Karim yang membicarakan tentang pentingnya sholat malam. Ayat-ayat ini melukiskan salat malam sebagai sebuah kebiasaan orang yang saleh, dan cara meraih kedekatan dengan Allah. Mereka yang mengidam kedekatan ini meninggalkan sebagian tidur mereka dan bangkit lebih dini demi mencari ampunan Allah. Mereka mengorbankan tidur dan keyamanan mereka demi kesenangan menegakkan sholat malam.

Di dalam banyak ayat Alquran, Allah menganjurkan bangun di tengah malam untuk memuja dan menyembah-Nya. Ia berfirman : “Dan bertasbihlah kepada-Nya beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenamnya bintang-bintang (di waktu fajar)” (Q.S ath Thur [52]: 49)

Ia juga berfirman : “Dan pada sebagian dari malam, bersujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya (pada bagian yang) lama dari malam hari.” (Q.S al Insan [76]: 26)

Allah berfirman tentang mereka yang bangkit di malam hari: “Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di ujung malam, mereka memohon ampun (kepada Allah).” (Q.S adz Dzariyat [51]: 17-18).

Di dalam ayat lain, Allah berfirman: “Lambung mereka jauh dari ranjang (mereka), sedang mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka, yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai ganjaran bagi apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S as Sajdah [32]: 16-17)

Karena itu, ganjaran bagi mereka yang bangkit di malam hari untuk memuji Allah tak dapat dilukiskan. Sebagimana Nabi yang suci SAW katakan, “Tiada amal saleh kecuali ganjarannya telah ditetapkan di dalam Alquran, selain salat malam. Allah Mahakuasa tidak merinci ganjarannya karena keagungannya (ibadah itu) bagi-Nya.”

Namun, di ayat lain Allah melukiskan pengaruh menegakkan sholat malam bagi mukminin. Ia berfirman: “Dan pada sebagian malam, bersalat tahajudlah engkau sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (Q.S al Isra’ [17]: 79)

Di dalam ayat ini Allah Mahaperkasa menjelaskan pengaruh rohaniah yang luar biasa dari menegakkan solat malam. Ibadah ini menaikkan manusia ke Maqami Mahmud, sebuah kedudukan mulia dan terpuji. Itulah kedudukan yang ditinggikan bagi Allah, suatu kedudukan yang sedikit orang dapat meraihnya.


sumber : pustakazahra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar